Jumat, 14 Mei 2010

Pipa Baja Bertekanan meledak di "Shanghai"


     Sebuah pipa baja bertekanan meledak di Shanghai Yangshan Deep Air Por, peristiwa ini benar-benar mengagetkan seluruh pekerja dan para kontraktor serta engineer yang berada dilokasi. Tim kontraktor umum yaitu Japan-based Ishikawajima-Harima heavy industries co Ltd, Taiwan CTCI Co and Wuhuan Engineering Co Ltd,

      Ledakan ini terjadi siang hari setelah jam makan siang. Pipa itu meledak pada waktu diadakan pengujian tekanan, tekanan uji yang haruz dicapai pipa adalah 15,6 MPa (2.262 psi) namun sebelum
mencapai tekanan yang diingkan tepatnya pada tekanan 12,3 MPa (1.764psi) pipa tersebut meledak.Ledakan ini merenggut 1 nyawa dan korban luka-luka 15 orang. Penyebab ledakan ini belum jelas, tim kontraktor dan para Engineer masih menyelidiki kasus meledaknya pipa ini.

      Sesuai dengan pengalaman dan sedikit ilmu yang saya dapatkan dari kerja praktek di PT. Sanggar Sarana Baja, saya beranggapan bahwa peristiwa shanghai ini dapat terjadi dikarenakan 2 faktor yaitu 1).kesalahan dalam pendesignan dan 2).kesalahan pemilihan bahan. Dua faktor ini memegang peranan penting dalam pembuata pipa bertekanan. Pipa tersebut dapat meledak karena salah perhitungan dalam proses design yang dilakukan, dan dapat juga dikarenakan bahan baja yang keuletannya belum memenuhi untuk bahan pipa dengan tekanan yang tinggi yaitu lebih dari 2.000 psi, dan tidak cocok untuk temperatur diShanghai.



"Maaf jika pendapat (penulis) salah menurut anda (pembaca) ini dikarenakan manusia adalah tempatnya salah kebenaran hany milik Tuhan YME."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar