Sabtu, 15 Mei 2010

ISO 14001

       ISO yang mempunyai kepanjangan International Organization for Standarization dan mempunyai definisi suatu asosiasi / organisasi yang mengurusi standarisasi yang mempunya anggota lbih dari 140 negara. Sedang ISO 14001 mempunyai pengertian suatu standar internasional untuk Sistem Manejemen Lingkungan (SML), dengan 6.000sertifikasi di Inggris, dan 111.000 sertifikasi di 138 negara di seluruh dunia.
       ISO 14001 adalah standar sistem manejemen utama yang dikhususkan pada persyaratan formulasi dan pemeliharaan SML. Sistem Fundamental ISO 14001 ada 3 yaitu :
    1). Pencegahan polusi,
    2). Kesesuaian dengan UU yang ada,
    3). Perbaikan dengan berkesinambungan.
       ISO 14001 merupakan alat bantu fokus terhadap pengendalian lingkungan yaitu produk yang ramah lingkungan, contoh : emisi udara, tanah ataw air.Setiap Organisasi wajib menjelaskan dan mengikuti prosedur yang tersedia. Setiap Organization harus tahu hukum, undang-undang/ peraturan dan persyaratan yang berlaku dan berkaitan. Dan persyaratan-persyaratan tersebut harus dapat dipahami oleh para karyawan dan dapat diterapkan secara efektif.
       Organisasi yang dapat menggunakan ISO 14001 adalah organisasi-organisasi dari berbagai jenis, sektor usaha dan ukuran dapat meningkatkan kinerja lingkungan mereka dengan standar ini.
Manfaat terdaftar ISO yaitu :
1). Meningkatkan kinerja lingkungan sesuai komitmen menejemen puncak,
2). Menghemat ongkos dengan peningkatan efisiensi energi dan penggunaan air dan minimalisi buangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar